Kamis, 15 Januari 2015

BLOGGER DAN COPYWRITER



Blogger adalah orang yang memiliki blog, dan sering menulis di blognya tanpa dibayar, adapun blogger yang dibayar atau mendapat bayaran dari blognya itu hanya bonus. biasanya blogger yang mendapat bayaran mungkin karena bekerja sama dengan sponsor, atau mungkin juga karena mengikuti perlombaan. sedangkan Copywriter adalah orang yang dibayar untuk menulis atau mempublikasikan iklan ataupun mempromosikan suatu produk. ya, kurang lebih seperti itulah. jadi bedanya Blogger dan Copywriter adalah dari soal bayarannya, hahahaha.



Seperti sebelum-sebelumnya mau kita jadi Blogger atau Copywriter terlepas dari soal bayaran, yang jelas kita harus konsisten. Copywriter dibayar karena dia bekerja untuk sebuah produk ataupun barang yang akan dipromosikan, bisa dibilang Copywriter lebih profesional dari segi bayaran dibanding Blogger. tapi sekali lagi, terlepas dari soal bayaran bukan berarti Blogger tidak ada yang profesional, Blogger juga bisa jadi profesional walaupun tidak mendapat bayaran. salah satunya dengan cara selalu konsisten update blog dengan tujuan memberikan informasi, atau hanya sekedar sharing tentang hal-hal yang ada dipikiran kita. intinya kalo mau jadi Blogger profesional gampang, Konsisten. tapi kan kalo profesional harus dapat bayaran ? tapi bayaran itu nggak melulu soal uang, saat pembaca blog kita senang, secara tidak langsung itu adalah bayaran untuk kita, dan tentu saja tidak bisa dibeli dengan uang.



Untuk menjadi seorang Copywriter kita harus siap untuk menerima deadline, jika kita tidak siap untuk menerima deadline, maka pekerjaan yang sudah diberikan akan berantakan. bisa-bisa kita tidak dipercaya lagi untuk menjadi Copywriter. sama seperti halnya kita bekerja dimanapun, kita harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah diamanahkan kepada kita, dan kita juga harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah kita kerjakan. tapi beda dengan Blogger, diluar kerja sama dengan pihak sponsor, Blogger bebas kapan saja dia mau posting di blognya tidak ada yang mengatur. yang terpenting kita bisa menjaga konsistensi, supaya pembaca blog kita tidak kabur. dalam hal bertanggung jawab, Blogger juga harus bisa bertanggung jawab dengan apa yang sudah dia tulis, jangan sampai menyinggung SARA (Suku Agama Ras Antar golongan) karena di negara kita yang paling sensitif adalah isu SARA (Suku Agama Ras Antar golongan). jadi buat para Blogger lebih baik hindari menulis tentang SARA, lebih baik dekati Yuni SARA.

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Jadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara. hahaha

      Hapus
  2. Kalimat akhir kocak juga, ya.
    Ya, memang semua ada risikonya. Deadline itu juga salah satunya.

    BalasHapus
  3. Membuat orang senang itu menyenangkan,
    Dibayar mahal? Asyik
    Lol
    Yuni Sara apa Yuni Sahara?

    BalasHapus
  4. Enakan jadi Blogger yah, jalan aja mau nulis, kalau copywriter ada deadline sehingga harus segera selesai, tapi kesemuanya itu ada imbalan yang pantas untuk di dapatkan.

    BalasHapus
  5. Kalo jadi blogger yang nulis copywriting boleh kan? :)

    BalasHapus
  6. Intinya untuk menjadi seorang blogger yang merangkap copywriter harus konsisten update dan siap dideadline hehe..

    BalasHapus
  7. Kalo ikut tante YUNI ntar dikira Mas Rafi kw2 .gmn coba Wkwk

    BalasHapus
  8. Bagi yg sdh jd blogger copywriter, tentu skill. Mnulisnya sdh teruji. Jd pengen deh....

    BalasHapus
  9. copywriter yg bgs bayarannya emang mahal
    apapun profesi, memang diperlukan konsistensi biar berhasil

    BalasHapus
  10. mengutip tulisannya ini "Untuk menjadi seorang Copywriter kita harus siap untuk menerima deadline, jika kita tidak siap untuk menerima deadline, maka pekerjaan yang sudah diberikan akan berantakan", Hal ini berdampak pada kita yang bila dikasih pekerjaan untuk menulis review sepertinya.

    Semngat

    BalasHapus
  11. Ternyata dimana2 selalu yang menjadi permasalahan adalah DEADLINE, hehehhee... :-)

    BalasHapus