Wednesday, August 16, 2017

PERBEDAAN BUKAN PERMUSUHAN



Jangan pernah takut karena kalian berbeda dengan orang lain, karena perbedaan itu bukan berarti bermusuhan. kita ambil contoh dalam hal beropini, jangan pernah takut untuk menyuarakan pendapat kita walaupun berbeda dengan kebanyakan orang. dalam hal apapun yang namanya perbedaan itu biasa. kalau kalian tidak bisa menerima perbedaan coba sekali-kali berkonsultasilah dengan tukang tambal ban terdekat.

Perbedaan selalu menimbulkan Pro dan Kontra, dari segi pemikiran. tapi dibalik itu pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. dari perbedaan kita bisa menemukan sesuatu yang baru, dan tidak monoton dengan yang itu-itu saja (kecuali kalian masih ada hubungan darah dengan Kim Jong Un).
seandainya semua orang bisa menerima perbedaan dengan sangat bijak, pasti tidak akan ada orang yang saling baku hantam hanya karena beda pendapat, lebih enak mana Batagor atau Siomay ?

Dalam hal apapun seperti Pendapat, Fisik, Agama, ataupun Suku, pasti ada yang namanya perbedaan. yang paling penting adalah bagaimana cara menyikapinya. bukan karena kita berbeda lalu kita menjadi anti dengan mereka yang juga berbeda dengan kita (kalo kata orang jerman itu namanya Songong).
siapapun boleh memiliki Pendapat yang berbeda, karena negara kita negara demokrasi. siapapun boleh memiliki Fisik ataupun Suku yang berbeda, karena itu sudah bawaan dari lahir. dan siapapun boleh memiliki Agama yang berbeda, karena setiap orang punya Hak atas itu.

Monday, August 7, 2017

HOAX !!!



Hoax adalah berita palsu yang sengaja disebarluaskan dengan berbagai motif tertentu. apapun motifnya yang jelas pasti merugikan orang lain, entah itu subjek atau objek yang dijadikan berita, atau mungkin orang yang membacanya juga merasa dirugikan.
yang jelas berita yang tidak didasari oleh Fakta dan Data adalah Hoax. dan sebut saja orang yang menyebarkan Hoax dengan sebutan Hoaxer, Hoax Lover, atau mungkin Sahabat Hoax. terserah yang mana aja bebas.

Orang yang sering menyebarkan Hoax dengan keadaan sadar patut dicurigai, mungkin dia menderita gangguan kejiwaan dimana dalam sehari dia tidak menyebarkan Hoax maka suhu tubuhnya akan berubah, lalu tubuhnya kejang-kejang. ya, semacam kecanduan untuk menyebarkan Hoax
.
Berita Hoax ini beragam, dan yang sering dibahas biasanya tentang Politisi, Artis, ataupun Kejadian yang sengaja dibuat-buat. dan tidak jarang juga banyak berita palsu yang terkesan maksa (mungkin supaya masuk nominasi Hoax paling bergengsi).
dampaknya banyak orang yang terpancing dengan berita Hoax tanpa mencari tau kebenarannya. orang yang terpancing dengan berita Hoax biasanya langsung emosi, dan ada juga beberapa yang "berperang" di media sosial karena terpancing  berita Hoax.

Apapun alasannya orang yang menyebarkan berita Hoax tidak bisa dibenarkan apalagi diberi penghargaan. daripada kalian menyebarkan berita Hoax, lebih baik kalian Buka OnlineShop, Ikut Karang Taruna, atau mungkin Ternak Laron (setidaknya itu lebih baik daripada menyebarkan berita Hoax).

Jadi intinya mulai dari sekarang berhenti Membuat berita Hoax, Menyebarkan berita Hoax, atau jadi Bandar Berita Hoax.

(sumber foto : google)

Thursday, March 2, 2017

JANGAN DIBACA !!!



Kita sering melihat tulisan atau judul bacaan yang tertulis "JANGAN DIBACA", tapi dengan rasa penasaran yang sangat tinggi kita tetap membacanya, walaupun ada tulisan "JANGAN DIBACA. sama seperti tulisan ini, udah jelas judulnya "JANGAN DIBACA", tapi masih ada aja yang baca. yah, namanya juga manusia pasti punya rasa penasaran. tapi tenang aja tulisan ini tidak mengandung Virus, Bakteri, Kutukan, ataupun semacamnya.

Banyak situs-situs website yang tidak jelas tertulis "JANGAN DILIHAT", tapi banyak dari orang-orang yang tidak tahu malah ngeklik tulisan itu dan akhirnya yang muncul adalah gambar-gambar telanjang (maksudnya gambar porno, bukan gambar ayam nggak pake baju). dan secara tidak langsung mereka sudah terinfeksi virus internet.

Pola pikir masyarakat kita sering terbalik, apa yang disuruh malah tidak dilakukan, dan apa yang tidak disuruh malah dilakukan. dan secara nggak langsung mereka sudah melakukan kesalahan dari apa yang seharusnya memang tidak mereka lakukan, karena memang sudah ada tulisannya "JANGAN DIBACA".

Sebenernya mereka yang menulis "JANGAN DIBACA" secara tidak langsung malah membuat rasa keingintahuan orang ingin tetap membacanya. sama seperti halnya manusia pada umumnya, semakin dilarang, semakin penasaran. tapi sebaliknya, kalo kita menyuruh orang membaca, malah mereka tidak terlalu tertarik.
coba kalo judul tulisannya "AYO DIBACA", apa kalian masih ingin membacanya ?.

Tuesday, March 1, 2016

DUNIA NYATA VS DUNIA MAYA




Perkembangan zaman semakin cepat, perkembangan tekhnologi juga semakin canggih. hari ini mungkin juga seterusnya kita hidup di dua dunia, dunia nyata dan dunia maya. semenjak ada dunia maya, orang yang lagi sendirian bisa ngerasa ada di tempat yang ramai, padahal dia cuma ditemenin sama smartphone. semenjak ada dunia maya orang nggak akan malu lagi kalo ketawa sendirian, kalo ditanya sama orang lain kenapa ketawa ? paling jawabannya "Ini ada temen lucu banget". padahal disamping dia nggak ada siapa-siapa, cuma ada smartphone sama ember bekas cucian baju. (aneh banget)

Saking asiknya sama dunia maya orang bisa lupa kalo dia hidup di dunia nyata. dia juga lupa padahal makan, minum, mandi, sama tidur, nggak bisa dilakukan secara online. dunia maya bisa bikin orang jadi berkepribadian ganda. orang yang kuper (kurang pergaulan) di dunia nyata bisa menjadi orang yang terkenal di dunia maya, orang yang pengecut di dunia nyata bisa menjadi orang yang paling berani di dunia maya, orang yang malu di dunia nyata, bisa menjadi orang yang super norak di dunia maya. ya, begitulah dunia maya.

Tapi dunia maya nggak cuma ngasih dampak buruk, ada juga dampak baiknya. semenjak ada dunia maya orang yang berjualan nggak melulu harus jaga toko. sekarang orang-orang kalo mau jualan bisa via online, tinggal upload foto barang yang mau dijual, dan tinggal tunggu pembeli yang sms. dunia maya juga banyak ngasih informasi-informasi yang update, walaupun nggak semua informasi itu bener adanya.
walaupun dunia maya itu menyenangkan, tapi kita juga nggak boleh ngelupain dunia nyata. karena dunia nyata adalah dunia yang benar-benar kita jalani, dan yang pasti di dunia nyata. siapapun kita, itulah kita sebenarnya.

(sumber foto : google)

Thursday, November 5, 2015

FENOMENA BATU AKIK




Hampir setiap hari gue ngeliat banyak banget orang-orang yang jari tangannya dihiasin batu akik, fenomena batu akik sekarang memang lagi melanda orang-orang di Indonesia, sebenernya dari dulu udah banyak orang yang pakai batu akik, tapi nggak seheboh sekarang. nggak heran juga banyak orang yang beralih profesi menjadi penjual batu akik, banyak yang bilang katanya kalo jualan batu akik penghasilannya lebih besar dibandingkan berjualan jerawat batu.
penggemar batu akik ini dibagi tiga jenis, ada penggemar batu akik pemula atau bisa dibilang ikut-ikutan, ada juga penggemar batu akik yang masih dalam tahap normal sebatas suka, dan yang terakhir ada penggemar batu akik garis keras.

Penggemar Batu Akik Pemula (ikut-ikutan)

Biasanya penggemar batu akik pemula atau bisa dibilang ikut-ikutan, mereka ini terpengaruh oleh temannya yang memakai batu akik, atau mungkin mereka terpengaruh oleh diri sendiri (Lah gimana itu ?).
awalnya mereka iseng-iseng suka, akhirnya mereka berniat ingin memiliki batu akik untuk dipakai di jari tangannya. biasanya orang-orang seperti ini masih mudah untuk dibodohi, mereka belum benar-benar bisa membedakan batu yang asli dengan yang palsu. tidak heran, banyak dari mereka yang awalnya berniat membeli batu akik, malah dikasih kelereng yang sudah dibelah menjadi dua, atau mungkin juga yang lebih parah mereka hanya diberi biji salak yang sudah digosok menjadi halus.

Penggemar Batu Akik Normal

Penggemar batu akik normal biasanya mereka hanya sekedar suka dengan batunya tapi tidak sampai monoton dengan mengoleksi batu akik secara berlebihan. biasanya tipe penggemar batu akik seperti ini, hanya suka terhadap batu akik tertentu, tidak sampai mengoleksi batu akik dalam jumlah yang sangat besar. penggemar batu akik yang masih normal-normal saja biasanya tidak mudah untuk dibodohi, karena mereka tidak monoton untuk mengoleksi batu akik. mereka hanya menyukai batu akik yang mereka anggap bagus.

Penggemar Batu Akik Garis Keras

Biasanya para penggemar batu akik garis keras mereka sangat monoton, nggak tanggung-tanggung dalam satu jari mereka bisa memakai dua sampe tiga batu akik. biasanya penggemar batu akik seperti ini setiap melihat batu akik yang menurutnya bagus, maka tidak segan-segan dia langsung menawar batu tersebut. apalagi jika ada batu akik yang mereka anggap langka atau jarang ada yang punya, seperti batu akik yang ada motifnya. batu akik yang sangat sulit dicari adalah batu akik dengan motif gambar Ultraman.

Penggemar batu akik nggak mengenal usia, jenis kelamin, suku, dan juga agama. dari yang tua sampai yang muda, dari yang rambutnya mohawk sampai yang rambutnya cepak, pokoknya banyak banget orang-orang yang suka sama batu akik. sebenernya selagi hobi mereka tidak mengganggu ketertiban umum sah-sah aja, mau mereka mengoleksi batu akik sampai 5 ember juga nggak masalah. yang penting jangan sampai menyalahgunakan batu akik untuk hal-hal spiritual seperti, menyembah batu akik, minum air kobokan bekas batu akik, sampai-sampai menikah dengan batu akik.

(sumber foto : google)

Thursday, January 15, 2015

ANOMALI



Banyak orang yang senang kalo bertanya sesuatu hal yang aneh kepada orang lain, tapi giliran ditanya balik dengan pertanyaan-pertanyaan yang aneh oleh orang lain, mereka jadi tidak senang. contohnya, kita pasti senang jika bertanya kepada orang lain, dan ternyata pertanyaan kita membuat orang lain bingung. "siapa orang yang pertama kali mengikat rambut dengan menggunakan karet gelang ?" pasti orang yang diberikan pertanyaan seperti itu akan bingung. tapi kita akan menjadi tidak senang, jika misalnya orang yang tadi, bertanya balik kepada kita, "kenapa harus dengan karet gelang ? kenapa nggak tali rafia, tali sepakbor, atau mungkin tali kolor ?". yang tadinya mereka senang karena membuat orang lain bingung, menjadi tidak senang karena dibuat bingung oleh orang lain, keaadaannya berbalik. kenapa bisa begitu ? nggak tau juga, tapi yang jelas setiap orang selalu mau menang sendiri.

"Kebanyakan orang selalu senang melihat orang lain susah, dan susah melihat orang lain senang".

Banyak orang yang selalu ingin berhasil tapi tanpa kerja keras, seakan-akan mereka ingin menikmati air kelapa tanpa harus dikupas terlebih dahulu. mereka yang seperti itu tidak sadar, bahwa tidak ada hal yang instan di dunia ini. bahkan mie yang katanya instan, diciptakan dengan cara yang super ribet. walaupun menggunakan mesin yang ada di pabrik, tapi tetap saja proses pembuatannya ribet. setelah mie instan dikemas dan siap untuk dipasarkan, apakah mie instan bisa langsung dimakan ? jawabannya, tidak. karena kita harus merebus mie instan terlebih dahulu lalu mencampurkan bumbu yang tersedia. baru setelah itu kita bisa memakannya. intinya adalah, nggak ada sesuatu yang instan.

"Setiap orang nggak ada yang mau ribet, mereka selalu mau hal-hal yang gampang, padahal mereka nggak sadar, kalo mau sesuatu yang gampang kita harus ribet dulu".

Banyak orang yang selalu menganggap dirinya benar, dan menganggap orang lain yang beda pemikiran deangannya adalah salah. padahal negara ini negara demokrasi, siapa saja boleh menyampaikan pendapatnya. berbeda pemikiran itu hal yang biasa, jadi tidak perlu dipersoalkan. yang perlu hanya introspeksi diri kita masing-masing.
dalam menjalani hidup kita butuh bantuan orang lain, kita butuh pendapat dari orang lain, karena kita adalah makhluk sosial. itu artinya kita hidup berdampingan untuk saling tolong-menolong. tidak ada orang yang bisa hidup sendiri, jadi jangan pernah memikirkan diri sendiri disaat orang lain membutuhkan bantuan kita.

"Bahkan untuk mencari alamat yang tidak kita ketahui, kita harus bertanya kepada orang lain".

(sumber foto : google)


Thursday, January 8, 2015

PREDIKSI TREND BLOGGER TAHUN 2015



Kalo ngomongin soal trend blogger di tahun 2015 itu sebenernya tergantung kepada bloggernya masing-masing, apakah mereka tetap konsisten ngeblog, atau malah ada yang beralih menjadi penyebar paku di jalanan. maksudnya, kalo masih banyak blogger yang memang benar-benar konsisten ngeblog, bukan tidak mungkin trend blogger di tahun 2015 meningkat, dan itu bisa menjadi motivasi buat blogger-blogger baru untuk selalu update blognya, atau malah bisa juga membuat orang-orang ingin punya blog. tapi kalo sebaliknya, banyak blogger yang menghilang secara tiba-tiba, atau bisa dibilang jarang posting, itu bisa mempengaruhi trend blogger di tahun 2015. mungkin mereka lagi sibuk, nyebar paku di jalanan.

Tahun 2015 baru jalan seminggu, kalo mau memprediksi bagaimana trend blogger di 2015, sebenernya balik lagi ke awal tergantung kepada bloggernya masing-masing. karena sebenernya di dalam dunia persilatan ini, eh, maksudnya di dunia blogger ini siapa saja bisa datang dan pergi sesuka hati. jadi kalo mau jadi seorang blogger kita harus punya tekad yang bulat, selain tekad ada juga sesuatu yang bulat... udah-udah yang itu nggak usah dibahas. selain kita konsisten untuk terus update blog, kita juga harus saling mendukung. karena kalo semakin banyak blogger itu bukan berarti menambah saingan, tapi malah menambah teman (makanya sering-sering blogwalking).

Kalo diliat dari segi pasar memang banyak sponsor yang tertarik dengan blog yang mempunyai banyak pengunjung, tapi banyak juga sponsor yang lebih tertarik dengan buzzer, terutama untuk para selebtweet.
jadi buat para blogger yang memang mau dapet sponsor harus kerja ekstra, karena semua itu nggak ada yang instan. sponsor juga pasti pilih-pilih blog yang mau diajak bekerja sama, karena sponsor juga nggak mau rugi. buat yang memang mengharap sponsor tapi belum dapet, terus kerja keras, jangan lupa promosiin juga blognya. kalo blognya memang layak mungkin suatu saat nanti bisa dapet sponsor.

Tapi terlepas soal uang, ngeblog itu bukan hanya melulu soal uang, ngeblog itu masalah passion. karena banyak juga blogger yang nggak ngarepin sponsor, alias nggak ngarepin uang sama sekali walaupun dia sering update blognya. tapi bukan berarti nggak boleh juga nyari uang dari blog. yang jadi masalahnya banyak bermunculan blogger-blogger siluman, maksudnya orang yang bikin blog tapi karena ada maksud tertentu. contohnya ada orang bikin blog supaya dapet uang banyak, padahal dia jarang posting, artikel diblognya cuma satu, itu juga udah dua tahun yang lalu, udah gitu copy-paste lagi. ada orang yang bikin blog cuma buat dipamerin ke pacarnya, padahal bloggnya kosong, nggak ada tulisannya sama sekali, nama blognya juga nggak ada (jangan ditiru yang begini).
buat para blogger apapun itu jenis blognya, mau dibayar atau nggak dibayar yang jelas kita harus tetap konsisten ngeblog, karena perkembangan dan eksistensi blogger di tahun 2015, adalah bloggernya sendiri yang menentukan.

(sumber foto : google)