Selasa, 01 Maret 2016

DUNIA NYATA VS DUNIA MAYA




Perkembangan zaman semakin cepat, perkembangan tekhnologi juga semakin canggih. hari ini mungkin juga seterusnya kita hidup di dua dunia, dunia nyata dan dunia maya. semenjak ada dunia maya, orang yang lagi sendirian bisa ngerasa ada di tempat yang ramai, padahal dia cuma ditemenin sama smartphone. semenjak ada dunia maya orang nggak akan malu lagi kalo ketawa sendirian, kalo ditanya sama orang lain kenapa ketawa ? paling jawabannya "Ini ada temen lucu banget". padahal disamping dia nggak ada siapa-siapa, cuma ada smartphone sama ember bekas cucian baju. (aneh banget)

Saking asiknya sama dunia maya orang bisa lupa kalo dia hidup di dunia nyata. dia juga lupa padahal makan, minum, mandi, sama tidur, nggak bisa dilakukan secara online. dunia maya bisa bikin orang jadi berkepribadian ganda. orang yang kuper (kurang pergaulan) di dunia nyata bisa menjadi orang yang terkenal di dunia maya, orang yang pengecut di dunia nyata bisa menjadi orang yang paling berani di dunia maya, orang yang malu di dunia nyata, bisa menjadi orang yang super norak di dunia maya. ya, begitulah dunia maya.

Tapi dunia maya nggak cuma ngasih dampak buruk, ada juga dampak baiknya. semenjak ada dunia maya orang yang berjualan nggak melulu harus jaga toko. sekarang orang-orang kalo mau jualan bisa via online, tinggal upload foto barang yang mau dijual, dan tinggal tunggu pembeli yang sms. dunia maya juga banyak ngasih informasi-informasi yang update, walaupun nggak semua informasi itu bener adanya.
walaupun dunia maya itu menyenangkan, tapi kita juga nggak boleh ngelupain dunia nyata. karena dunia nyata adalah dunia yang benar-benar kita jalani, dan yang pasti di dunia nyata. siapapun kita, itulah kita sebenarnya.

(sumber foto : google)

4 komentar:

  1. Dunia maya tidak sepenuhnya maya, menurut saya "maya" hanya karena istilahnya. Semestinya yg ada di dunia "maya" adalah nyata. Kan aktornya juga nyata kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi banyak juga yang tidak menjadi dirinya sendiri di Dunia Maya.

      Hapus
  2. aku ngerasain yg dampak baiknya, alhamdulillah yah, sesuatu :)

    BalasHapus
  3. Dunia Maya = Dunia Gaib
    Gak kelihatan tapi bisa diajak ngomong

    BalasHapus