Kamis, 05 November 2015

FENOMENA BATU AKIK




Hampir setiap hari gue ngeliat banyak banget orang-orang yang jari tangannya dihiasin batu akik, fenomena batu akik sekarang memang lagi melanda orang-orang di Indonesia, sebenernya dari dulu udah banyak orang yang pakai batu akik, tapi nggak seheboh sekarang. nggak heran juga banyak orang yang beralih profesi menjadi penjual batu akik, banyak yang bilang katanya kalo jualan batu akik penghasilannya lebih besar dibandingkan berjualan jerawat batu.
penggemar batu akik ini dibagi tiga jenis, ada penggemar batu akik pemula atau bisa dibilang ikut-ikutan, ada juga penggemar batu akik yang masih dalam tahap normal sebatas suka, dan yang terakhir ada penggemar batu akik garis keras.

Penggemar Batu Akik Pemula (ikut-ikutan)

Biasanya penggemar batu akik pemula atau bisa dibilang ikut-ikutan, mereka ini terpengaruh oleh temannya yang memakai batu akik, atau mungkin mereka terpengaruh oleh diri sendiri (Lah gimana itu ?).
awalnya mereka iseng-iseng suka, akhirnya mereka berniat ingin memiliki batu akik untuk dipakai di jari tangannya. biasanya orang-orang seperti ini masih mudah untuk dibodohi, mereka belum benar-benar bisa membedakan batu yang asli dengan yang palsu. tidak heran, banyak dari mereka yang awalnya berniat membeli batu akik, malah dikasih kelereng yang sudah dibelah menjadi dua, atau mungkin juga yang lebih parah mereka hanya diberi biji salak yang sudah digosok menjadi halus.

Penggemar Batu Akik Normal

Penggemar batu akik normal biasanya mereka hanya sekedar suka dengan batunya tapi tidak sampai monoton dengan mengoleksi batu akik secara berlebihan. biasanya tipe penggemar batu akik seperti ini, hanya suka terhadap batu akik tertentu, tidak sampai mengoleksi batu akik dalam jumlah yang sangat besar. penggemar batu akik yang masih normal-normal saja biasanya tidak mudah untuk dibodohi, karena mereka tidak monoton untuk mengoleksi batu akik. mereka hanya menyukai batu akik yang mereka anggap bagus.

Penggemar Batu Akik Garis Keras

Biasanya para penggemar batu akik garis keras mereka sangat monoton, nggak tanggung-tanggung dalam satu jari mereka bisa memakai dua sampe tiga batu akik. biasanya penggemar batu akik seperti ini setiap melihat batu akik yang menurutnya bagus, maka tidak segan-segan dia langsung menawar batu tersebut. apalagi jika ada batu akik yang mereka anggap langka atau jarang ada yang punya, seperti batu akik yang ada motifnya. batu akik yang sangat sulit dicari adalah batu akik dengan motif gambar Ultraman.

Penggemar batu akik nggak mengenal usia, jenis kelamin, suku, dan juga agama. dari yang tua sampai yang muda, dari yang rambutnya mohawk sampai yang rambutnya cepak, pokoknya banyak banget orang-orang yang suka sama batu akik. sebenernya selagi hobi mereka tidak mengganggu ketertiban umum sah-sah aja, mau mereka mengoleksi batu akik sampai 5 ember juga nggak masalah. yang penting jangan sampai menyalahgunakan batu akik untuk hal-hal spiritual seperti, menyembah batu akik, minum air kobokan bekas batu akik, sampai-sampai menikah dengan batu akik.

(sumber foto : google)

1 komentar:

  1. Batu Akik ini cukup banyak peminatnya. Apalagi pengrajinnya wah nyaris dimana mana ada. Beberapa even pameran Batu Akik juga sudah banyak digelar. Dari Pameran AKIK hingga pentas Kecubung, Rame sekali. Cuma yang masih menjadi pertanyaan saya adalah mengapa ada anggapan Batu AKIK tetap tidak laku dijadikan agunan atau jaminan. Hal ini diperkuat oleh kepala Pegadaian di kota Pontianak bahwa Batu AKIK tidak bisa dijadikan pinjaman. Jadi jika ada cincin Emas bertatahkan Batu Akik, maka yang dinilai adalah kadar emasnya bukan Batu AKIK nya

    BalasHapus