Friday, April 18, 2014

APA YANG KITA LAKUKAN HARUS DIDASARI NIAT

Acil yang sedang berolahraga extrim, main perosotan di dalam kandang buaya. tiba-tiba melihat orang yang sedang merenung sambil menggigit-gigit jempol kakinya di samping tempat sampah, sekilas tidak ada bedanya orang tersebut dengan tempat sampah.
orang itu tidak lain, tidak bukan adalah Bowo.

(Acil lalu menghampiri Bowo teman dekatnya, dengan tujuan untuk menjambak bulu hidungnya)

"Wo, lagi ngapain lu di samping tempat sampah ?"

"Eh, lu Cil. gue lagi pusing nih, soalnya banyak tugas dari kampus, tapi gue males ngerjainnya, soalnya tugasnya tentang hukum semua."

"Ya iyalah tentang hukum semua, lu kan kuliah di fakultas hukum, gak mungkin belajar cara bikin oncom.
lagian lu dari dulu males banget sih jadi orang, kalo lu males ngerjain tugas dari kampus, otomatis tugas lu gak bakal selesai-selesai."

"Habisnya tugasnya susah-susah Cil."

"Pake alasan segala lagi lu, kalo emang lu niat pasti lu punya cara buat ngerjain tugas sesulit apapun."

"Iya sih Cil, tapi gue gak niat banget ngerjainnya, semangat gue hilang cil."

"Jangan-jangan lu emang udah gak punya semangat hidup lagi Wo.
kok bisa lu gak ada semangat sama sekali, bukannya dulu lu semangat banget kuliah di fakultas hukum ?"

"Sebenernya dulu gue ngambil jurusan hukum cuma ikut-ikutan orang-orang Cil."

"Pantesan gak niat, lagian lu ngapain sih ikut-ikutan orang, kayak gak punya pendirian aja lu Wo.
tapi menurut gue sih percuma juga lu mau kuliah ngambil jurusan apa aja, tapi kalo lu gak punya niat sama sekali pasti hasilnya bakal kacau kayak muka lu."

"Ah kampret lu, bukannya bantuin gue, malah ngeledek."

"Kali ini gue males bantuin lu, lagian siapa suruh ikut-ikutan. kalo gak niat mending gak usah, daripada cuma ikut-ikutan orang, hasilnya juga gak akan bagus."

"Habisnya gue bingung mau nentuin jurusan apa, akhirnya gue ikut-ikutan orang deh."

"Sebenernya sih gak apa-apa ngikutin orang, tapi yang penting lu harus punya niat, supaya apa yang lu kerjain hasilnya memuaskan."

"Jadi sekarang gue harus gimana dong Cil ?"

"Lu liat di depan ada comberan kan, sekarang lu kuras sampe kering."

"Apa hubungannya ?"

Dari cerita di atas kita bisa mengambil pelajaran bahwa apapun yang mau kita lakukan harus didasari dengan niat, kita juga harus punya pendirian, gak melulu ngikutin orang.
percaya deh, kalo kita mau ngapa-ngapain ngikutin orang tanpa ada niat, sewaktu-waktu kita pasti bosen sama apa yang kita kerjakan/lakukan. tapi kalo kita punya pendirian dan didasari niat, insya allah apa yang kita kerjakan/lakukan hasilnya pasti baik.

No comments:

Post a Comment