Saturday, April 12, 2014

TIPS MENGHINDARI IKUT MLM




Kemaren temen gue hampir aja kejebak disuruh masuk MLM, tapi untungnya dia gak jadi ikut gara-gara duit dia gak cukup buat biaya pendaftaran masuknya, formulir pendaftarannya harganya Rp.50.000, sedangkan di dalem dompetnya dia cuma ada uang Rp.3500 sama tutup botol fanta yang udah digepengin.
awalnya dia disuruh ikut sama temennya, katanya mau dikenalin sama cewek cantik. tapi di tengah jalan tiba-tiba ada segrombolan orang yang nyegat dia dan maksa dia masuk ke dalem koper (eh, gak sih gue bercanda).
pokoknya dia itu diajak sama temennya katanya mau dikenalin sama cewek cantik, berhubung temen gue ini playboy amatir makanya dia mau aja. tapi bukannya dibawa ke tempat cewek cantik, dia malah dibawa ke tempat yang gak jelas, katanya sih tempatnya kayak rumah biasa tapi pintunya pake rolling door semua.
pertama dia disuruh duduk sama temennya di dalem ruangan, katanya di dalem ruangan itu ada 5 orang juga. semuanya sama pertamanya gak dikasih tau kalo mau diajak ke tempat itu, ada yang katanya mau ditraktir makan mie ayam sampe perutnya pindah ke belakang, ada yang katanya disuruh nganterin temennya yang mau jenguk sodaranya yang habis operasi gara-gara betisnya kempes (pokoknya banyak banget alasannya).
singkat cerita dia sama 5 orang itu disuruh dengerin orang yang lagi ngasih penjelasan yang gak jelas, sampe akhirnya dia sama 5 orang itu disuruh ngisi formulir pendaftaran dan disuruh bayar.

Dari cerita temen gue di atas ternyata sekarang modus MLM banyak banget, tapi gue punya cara supaya terhindar ikutan MLM.
ini beberapa tips dari gue untuk menghindari ikut MLM.

Jangan Terpengaruh

Kalo ada yang membujuk kalian untuk ikut MLM secara terang-terangan, usahakan jangan sampai terpengaruh.
kalo ada agen MLM yang menawarkan mau jadi kaya tanpa usaha, jangan terpengaruh.
kalo ada agen MLM yang menawarkan bisa membeli mobil mewah setelah ikut MLM, jangan terpengaruh.
kalo ada agen MLM yang menawarkan bisa beli rumah mewah setelah ikut MLM, jangan terpengaruh.
tapi kalo ada agen MLM yang menawarkan pisang goreng, jangan nolak, lumayan masih anget.

Kalo Disuruh Bayar Minta Bayarin Dulu

Kalo seandainya kalian sudah dijebak dan sudah dibawa ke tempat agen MLM, usahakan jangan bertindak ceroboh dengan mengajak para agen MLM untuk berjoget india. tetap santai sampai kalian disuruh ikut bergabung dan membayar formulir pendaftaran, baru disinilah kalian beraksi.
pertama-tama yakinkan sang agen MLM untuk menalangi biaya pendaftaran, bilang aja nanti kalo udah sukses ikut MLM duitnya diganti. kalo bisa sekalian pinjem duit buat beli pulsa, buat beli makan, buat nyicil motor, buat nyicil mobil, buat nyicil rumah, buat beli baju baru, sama buat bayar utang. bilang aja kalo udah sukses ikut MLM nanti duitnya diganti.

Pura-Pura Gila

Cara yang satu ini sangat ampuh, sehingga kita terbebas dari bujukan untuk ikut MLM.
pertama-tama usahakan untuk bersiul sambil tepuk pramuka sebanyak 75 kali. lalu push-up sambil ngupil dan berteriak "MASIH ZAMAN IKUT MLM ?".
setelah itu tidak akan ada lagi orang yang mengajak kalian ikut MLM, dan tidak akan ada lagi yang mau berteman dengan kalian.

Itulah beberapa tips untuk menghindari ikut MLM, silahkan dicoba kalo tidak mau ikut MLM.

(sumber foto : google)

16 comments:

  1. Wuah bro
    postingan terakhir saya jg curhat MLM
    Saya ditipu gt dg embel2 komunitas anak muda. Gak taunya ujung2 MLM.z zzz

    ReplyDelete
  2. Gua juga pernah diajakin gabung. Karena gua udah paham dan gak bakal terpengaruh, gua iya-iya aja pas dipresentasiin. Sempet ngasih harapan ke mereka, akhirnya gua tolak. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, hati-hati sama yang begituan.

      Delete
  3. tips yang gokil... :D btw... ternyata MLM itu udah kayak illuminati ya... pakai piramida terpotong.. saya juga dulu pernah dibohongin sama teman sendiri buat ikut mlm... sungguh amat teramat disayangkan... semoga tidak lagi jatuh korban... tapi sebenarnya ada juga mlm yang baik dan bisa dipercaya... (kayaknya), tapi saya sendiri udah nggak mau lagi ikutan gituan.....

    ReplyDelete
  4. Pura-Pura Gila, bagus juga neh triknya tapi awas ntar malah di kirim ke RSJ terdekat :D

    ReplyDelete
  5. Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin... Makasih tipsnya gan..

    ReplyDelete
  6. Dari 2003 sudah kenal dengan istilah MLM, dan sering di prospek..
    syukurnya sampe sekarang belum pernah sukses di prospek
    :D

    ReplyDelete
  7. gue bahkan pernah "kejebak" masuk MLM
    tapi sekarang malah jadi makin "kebal" dengan penolakan-penolakan, karena udah pengalaman.
    hihihi

    ReplyDelete
  8. "Ikut aja dulu, penjelasannya belakangan,"

    MLM >,<

    ReplyDelete
  9. dari dulu nih MLM gak ada matinya ya,, tetep ada aja sampe sekarang, buat gue sih yang penting "jangan percaya sama orang yang menjanjikan kekayaan tapi dirinya masih kekurangan" <<itu kata pak mario teguh :D

    ReplyDelete
  10. Hadeh.... terhitung udah 3 senior yg prospekin gue. Ga enak juga ya, jd renggang gr2 mlm. Yang dulunya akrab ky keluarga sekarang jadi sengaja menjauh. :/

    ReplyDelete
  11. Hidup belum lengkap kalau belum pernah ditawari MLM untung aja MLM coba kalau ML

    ReplyDelete