Saturday, April 5, 2014

JANGAN GOLPUT !!!

Acil yang sedang santa-santai duduk di atas pohon bernuk, tiba-tiba dikagetkan oleh suara orang yang memanggilnya dari bawah. tidak lain tidak bukan orang itu adalah Bowo teman dekatnya.

"Cil ... Lagi ngapain lu di atas pohon ?"

"Eh, lu wo. ngagetin aja lu."

"Cil, turun dulu. gue mau ngomong sama lu."

"Gak ah wo, lu aja yang naik."

"Oke deh."

(akhirnya Bowo mengalah dan naik ke atas pohon bernuk dengan menggunakan tali jemuran)

"Lu mau ngomong apa Wo ?"

"Gini nih Cil, sebentar lagi kan pemilu, tapi gue masih bingung mau nyoblos partai apa. mendingan gue golput aja deh Cil ?"

(Acil yang kaget langsung menampar pipi Bowo.)

"PLAKKK."

"Kok lu nampar pipi gue Cil ?"

"Eh, sori Wo. lu kan tau sendiri gue kalo kaget emang suka nampar pipi orang."

"Aneh lu Cil.
jadi gimana nih menurut lu, gue golput apa nggak ?"

"Mendingan jangan golput deh Wo. soalnya kalo lu golput nanti hak suara lu bisa diperjual belikan."

"Maksudnya apa Cil ?"

"Jadi gini Wo, kalo banyak orang yang golput nanti hak suaranya dijual ke partai-partai politik yang membutuhkan suara lebih. banyak oknum-oknum yang menyalahgunakan hak suara orang-orang yang golput. emangnya lu mau nanti kita dipimpin sama pemimpin yang salah ? jadi mendingan lu pikir-pikir lagi deh kalo mau golput."

"Tapi gue bingung Cil, mau pilih partai yang mana. semua partai banyak yang janji-janji, tapi gue gak tau mana yang beneran."

"Lu sebagai anak muda harusnya peduli, bukan malah masa bodo. kalo lu bingung, kan lu bisa nyari tau di google. partai mana yang menurut lu cocok buat dipilih."

"Kalo gak ada gimana ?"

"Mungkin lu-nya aja kali yang masa bodo. kalo emang lu niat ikutan pemilu, pasti lu bakal nyari tau partai mana yang cocok buat dipilih. inget Wo 1 suara kita berpengaruh buat menentukan calon pemimpin yang tepat."

"Emang apa pengaruhnya ?"

"Kalo kita ikut pemilu, itu tandanya kita udah berpartisipasi untuk perubahan bangsa ini. kalo kita ikut pemilu, kita bisa kritik pemerintah kalo gak sesuai sama rakyatnya."

"Oh, gitu ya Cil. oke deh, mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi, gue mau nyari tau tentang partai politik."

Dari cerita diatas kita bisa mengambil kesimpulan kalo golput itu bukan solusi yang tepat, kalo kita golput hak suara kita bisa diperjual belikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. tapi kalo kita ikut pemilu itu tandanya kita udah ikut berpartisipasi menyumbangkan suara kita untuk bangsa ini.
banyak anak-anak muda yang masa bodo sama pemilu, tapi giliran harga-harga pada naik semua pada marah-marah gak jelas. seharusnya anak muda zaman sekarang jangan masa bodo, soalnya kita generasi penerus bangsa.
kalo bingung mau pilih partai yang mana, kan bisa nyari informasi partai politik di google.
dari sekian banyaknya caleg atau capres pasti ada yang memiliki hati yang baik, gak semua caleg atau capres hanya memikirkan dirinya sendiri, pasti ada juga yang memikirkan rakyatnya.

No comments:

Post a Comment