Tuesday, January 28, 2014

JANGAN JAJAN SEMBARANGAN

Acil yang sedang berjalan menuju rumahnya tidak sengaja bertemu dengan Bowo yang sedang jajan dipinggir jalan. lalu terjadilah obrolan antara Acil dan Bowo.

"Lu habis beli apaan wo?"

"Ini cil, jajanan pinggir jalan, enak tau cil."

"Itukan tulang ayam yang digoreng pake tepung, kok lu doyan sih?"

"Habisnya enak sih cil, apalagi saosnya nih, beh... mantep cil. rasanya meresap ditenggorokan, tepungnya gurih kriuk-kriuk. mau gak lu?"

"Makasih deh wo, gue udah kenyang. coba sini satu. eh wo, seharusnya lu tuh liat-liat kalo mau jajan dipinggir jalan, jangan asal-asalan milih jajanan. nanti diare lu."

"Yaelah cil, lalet aja yang sering makan ditempat sampah gak kenapa-napa. lagian juga gue gak pernah liat ada lalet yang mencret."

"Iya sih wo, tapi itukan lalet. lu gak liat apa wo, itu minyak yang dipake buat goreng tulang ayamnya item banget. jangan-jangan itu minyak kemaren yang dipake lagi."

"Ah jangan su'udzhon lu cil, siapa tau aja itu minyak keluaran baru."

"Ada-ada aja lu wo, mana ada minyak keluaran baru. lagian lu liat deh wo, abangnya jorok banget habis garuk-garuk selangkangan langsung goreng tulang ayam pake tepung."

"Oh iya cil, pantesan enak yah?"

"Iya wo enak banget. eh kampret... itu jorok namanya, tapi terserah lu deh wo kalo lu emang doyan sama jajanan kayak gituan gak apa-apa, tapi kalo lu sakit perut tanggung sendiri ya akibatnya. gue mau pulang dulu."

"Oke cil, hati-hati lu. perasaan gue gak enak, tadi malem gue mimpi lu jatuh dari kasur."

"Iya wo tenang aja."

(tiba-tiba Bowo merasakan sesuatu pada perutnya)

"Aduh cil, kok perut gue jadi sakit gini ya?"

"Tuhkan wo, udah gue bilangin jangan jajan sembarangan. sekarang lu taukan rasanya gimana?"

"Iya cil, sakit banget. anterin gue pulang dong cil, gue gak kuat jalan sendiri."

"Yaudah sini gue anterin pulang, kalo kayak gini gue juga kan yang repot."

Dari pengalaman Bowo yang suka jajan sembarangan, seharusnya kita semua lebih teliti lagi memilih jajanan mana yang baik dan yang mana yang tidak baik. apalagi kalo jajan dipinggir jalan, walaupun gak semua tukang jualan dipinggir jalan itu jorok, tapi jaman sekarang banyak banget oknum yang sering jualan jajanan gak sehat. ada jajanan yang pake formalin supaya awet, ada jajanan yang dikasih boraks supaya warnanya keliatan menarik, ada juga jajanan yang dikasih air bekas rendeman sempak, katanya sih supaya lebih gurih.

makanan yang udah dicampur pake bahan-bahan yang gak jelas kayak formalin, sama boraks dampaknya emang gak langsung. tapi dalam jangka lama makanan kayak gitu bisa merusak kesehatan. makanya, sebelum jajan dipinggir jalan seharusnya kita pastikan makanan itu sehat dan aman untuk dikonsumsi. kesadaran diri sendiri juga perlu, kesadaran diri untuk menyayangi diri sendiri, karena sehat itu pilihan.

No comments:

Post a Comment